|
Selamat Datang, Register | Login
Home » X-Pose » Catatan Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Pendidikan Lingkungan Harus Teritegrasi Pembelajaran

Catatan Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Pendidikan Lingkungan Harus Teritegrasi Pembelajaran

Senin, 16 April 2012 09:48:52  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 907
Catatan Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Pendidikan Lingkungan Harus Teritegrasi Pembelajaran

KEPANJEN - Kamis (5/6), tim penilai calon sekolah adiwiyata berkunjung ke Kabupaten Malang. Tim yang terdiri dari dua orang ini, melakukan penilaian dengan detil setiap aspek yang harus dinilai pada dua sekolah calon Adiwiyata. Yakni, SMK Negeri 1 Turen dan SDN Panggungrejo 04 Kepanjen.

Mulai pemeriksaan portofolio hingga verifikasi langsung ke lapangan ke setiap titik penerapan pendidikan lingkungan hidup di sekolah, dilakukan oleh tim penilai. Selama melakukan kunjungan penilaian, tim penilai sekolah Adiwiyata ini juga didampingi kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Malang, jajaran Dinas Pendidikan, hingga Camat setempat.

Dari hasil verifikasi di SDN Panggungrejo 04, penilai menyatakan cukup terkesan dengan komitmen dan kebijakan lembaga serata daya dukung komite dan masyarakat terhadap realisasi program sekolah adiwiyata di SDN ini. Hanya, tim juga mencatat belum didapatkannya kesinambungan antara kebijakan dengan penerapan kurikulum lingkungan hidup yang semestinya terintegrasi dalam pembelajaran siswa.

“Daya dukung fisik dan sarana, serta kebijakan kepala sekolah sudah bagus. Namun, belum didapati integrasi hasil analisis kondisi lingkungan dengan pendidikan lingkungan dalam pembelajaran. Masih ada kesenjangan,” demikian Idham , salah seorang anggota tim penilai, dalam pemaparan evaluasi hasil penilaiannya. min-KP

Baca "X-Pose" Lainnya

Komentar Anda